MANAJEMEN BISNIS & LAYANAN KEUANGAN BERBASIS IT
MANAJEMEN BISNIS & LAYANAN KEUANGAN BERBASIS IT
![Kenali Peluang & Tantangan Bisnis Di Era Digital Saat Ini](https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/jurnal-blog-assets/wp-content/uploads/2019/07/26205519/accounting-banking-calculator-938965-1000x576.jpg)
A. Pengenalan dan Ruang Lingkup
Tidak ada bisnis yang dapat bertahan lama dan berkembang dengan
sendirinya, jika kita tidak bisa mengatur keuangan secara efektif.
Seperti bisnis yang lainnya, Penyedia Layanan IT baik itu sebuah binis
komersil ataupun bukan, membutuhkan manajemen keuangan. Itu harus
memastikan bahwa kita memiliki jumlah uang yang tersedia untuk
meletakkan rencana mereka ke dalam tindakan, dan untuk memastikan juga
bahwa ia mengetahui bagaimana uang telah digunakan secara efektif atau
apakah investasi baru yang diusulkan merupakan suara yang tepat. Kita
harus memahami apa saja biaya layanan individual yang akan diberikan dan
bagaimana biaya-biaya tersebut harus dibagi antara pengguna jasa,
sehingga antara satu sama lain dapat menilai dampak perubahan permintaan
dan pungutan biaya untuk layanan yang digunakan jika sesuai.
Manajemen Keuangan adalah tentang memelihara sumber daya keuangan
organisasi, dan untuk memastikan bahwa mereka digunakan dengan sangat
hati-hati dan penggunaan mereka dapat dipertanggungjawabkan. Manajemen
keuangan memastikan bahwa organisasi itu memiliki pemahaman tentang
biaya operasi, struktur biaya-biaya tersebut dan hal-hal yang
mempengaruhi mereka. Ini membantu organisasi membuat keputusan yang
terbaik tentang layanan yang harus disediakan, cara layanan yang harus
ditetapkan, dan investasi yang diperlukan untuk pengiriman mereka dan
efek dari perubahan pola-pola permintaan. Mengevaluasi nilai-nilai dari
layanan bisnis dan jika relevan juga untuk dasar pengaturan harga bagi
mereka. Bekerja dengan layanan manajemen portofolio membantu organisasi
menentu layanan itu harus disediakan dan mereka-mereka yang harus
dihentikan atau mengubahnya dalam beberapa cara.
Manajemen keuangan membantu dengan perencanaan keuangan dan memastikan
bahwa rencana organisasi sejajar dengan kemampuannya untuk mendukung
biaya keuangan dan mengelola resiko. Ia terus melacak pengeluaran
sehingga kita mengetahui dengan jelas bagaimana uang telah digunakan.
Dengan secara rutin membandingkan pengeluaran dan pendapatan dengan
rencana keuangan dan anggaran, manajemen keuangan akan mengidentifikasi
potensi masalah dan mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga
organisasi tetap pada jalur. Dimana biaya Penyedia Layanan IT untuk
layanan, Manajemen Keuangan akan memberitahu tentang bagaimana ini harus
diseleksaikan dan apa saja biaya yang harus dikenakan.
B. Maksud dan Tujuan
Tujuan Manajemen Keuangan untuk Layanan IT adalah untuk memastikan bahwa
penggunaan yang optimal berasal dari sumber-sumber keuangan organisasi
dan hal ini dicapai sesuai dengan kerangka dimana penyedia layanan ini
beroperasi.
Tujuan Manajemen Keuangan adalah untuk memastikan bahwa:
- Uang dikelola dan digunakan dengan bijak
- Sumber daya keuangan yang tersedia selaras sepenuhnya dengan rencana organisasi dan persyaratan untuk Layanan Pengiriman IT.
- Keputusan investasi relevan dengan tujuan organisasi
- Resiko keuangan diidentifikasi dan dikelola secara efektif
- Tata Pemerintahan berada di tempat untuk memastikan efektifitas pengelolaan sumber daya keuangan dan mendefinisikan akuntabilitas yang jelas
- Organisasi mematuhi semua kewajiban peraturan keuangan yang relevan dan kebijakan keuangan dan strategi bisnis secara keseluruhan
Tujuan Utamanya adalah untuk memastikan bahwa:
- Ada sistem yang efektif untuk perencanaan keuangan dan penganggaran
- Rencana keuangan dan alokasi anggaran diselaraskan dengan portofolio layanan
- Semua investasi yang diajukan memiliki kasus bisnis yang memenuhi standar organisasi
- Semua resiko keuangan yang signifikan diidentifikasi dan dikendalikan sepenuhnya
- Ada sebuah kerangka kerja tata kelola yang sesuai dengan tempatnya dengan akuntabilitas yang jelas dan semua manajemen keuangan harus terlatih dalam kaitannya dengan itu
- Semua pengeluaran keuangan diperhitungkan dengan benar dan ada proses audit untuk memastikan pelayanan yang tepat untuk sumber daya keuangan
- Biaya dan nilai dari semua layanan, proses dan kegiatan yang dipantau, diukur dan dipahami, dan tindakan yang tepat diambil berdasarkan kinerja keuangan mereka.
C. Aktifitas dan Konsep
Budgeting
Hal ini penting untuk merencanakan ke depan untuk memastikan bahwa
rencana bisnis sesuai dengan uang yang tersedia. Produk dari perencanaan
ini adalah rencana keuangan atau anggaran yang diharapkan meliputi
pengeluaran dan pendapatan untuk jangka waktu tertentu, biasanya satu
tahun (keuangan). Pengeluaran dan pendapatan akan dibagi ke dalam
kategori untuk memfasilitasi keuangan perencanaan, pengelolaan dan
pengendalian.
Accounting
Proses di dalam akuntansi mengizinkan penyedia layanan TI untuk
memperhitungkan pengeluaran dan pendapatan, menyediakan rincian
bagaimana biaya dan pendapatan dibagi antara pelanggan, Layanan dan
kegiatan. Analisis ini membantu menentukan efektivitas biaya layanan
untuk membuat keputusan yang tepat untuk mereka. Penyedia layanan
menyediakan rincian bagaimana biaya dapat dikaitkan dengan pelanggan dan
pelanggan kelompok, memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi
pelanggan utama dan dampak dari konsumsi layanan mereka. Informasi yang
dikumpulkan melalui proses akuntansi menyediakan pemantauan anggaran
dengan data pengeluaran dan pendapatan, yang akan digunakan untuk
mengevaluasi efektivitas kontrol keuangan dan untuk menentukan jika
tindakan diperlukan untuk memperbaiki setiap variasi yang signifikan
dari anggaran.
Charging
Keputusan untuk pembebanan adalah keputusan strategis yang akan diambil
dengan hati-hati. Pembebanan tidak hanya meningkatkan biaya operasi dari
penyedia layanan TI, tetapi juga meningkatkan akuntabilitas, paparan
dan transparansi. Pelanggan dapat membandingkan apa yang mereka dapatkan
dari itu dengan apa yang mereka harus membayar, dan mereka dapat lebih
mudah membandingkan penyedia TI rumahan dengan alternatif. Pembebanan
menyediakan sarana untuk mempengaruhi perilaku nasabah, membentuk
permintaan dan penggunaan sesuai kapasitas, sehingga mengurangi biaya
dan risiko. Tanpa pembebanan, banyak pelanggan dan pengguna akan melihat
layanan TI sebagai gratisan dan akan membuat tuntutan pada layanan ini
dengan sedikit minat dalam implikasi keuangan atau operasional.
Pengenalan pembebanan membantu mengubah sikap.
Business Case
Semua organisasi perlu untuk berinvestasi dengan bijak dan peran kunci
manajemen keuangan adalah untuk mengevaluasi proposal untuk investasi
untuk menentukan apakah mereka berharga. Manajemen keuangan akan
memerlukan semua proposal untuk investasi untuk memasukkan kasus yang
jelas untuk membuat investasi. Hal ini biasanya mengambil bentuk kasus
bisnis.
D. Hubungan dengan Proses Manajemen Layanan lainnya
Manajemen keuangan untuk layanan TI adalh pusat Manajemen Layanan TI,
dan memiliki hubungan dengan banyak disiplin Manajemen Layanan lain.
Interaksi utama adalah dengan layanan tingkat manajemen, manajemen
portofolio layanan, kapasitas manajemen dan manajemen aset dan
konfigurasi layanan.
Service Level Management
Layanan Manajemen tingkat (SLM) perlu bekerja dengan pengelolaan
keuangan dalam kaitannya dengan biaya diusulkan tingkat layanan yang
diperlukan untuk memenuhi organisasi bisnis saat ini dan rencana
kebutuhan. Biaya-biaya tersebut akan diberikan ke dalam perdebatan
tentang apa yang terjangkau dan dapat disampaikan oleh karena itu apa
yang dapat disepakati dalam Perjanjian tingkat layanan (SLA). Jika
pembebanan pada tempatnya, manajemen keuangan akan terlibat dalam
menentukan biaya, termasuk penggunaan pembebanan diferensial sebagai
bagian dari permintaan manajemen. Manajemen keuangan akan membantu dalam
biaya perubahan dan mengevaluasi investasi baru yang diperlukan untuk
memenuhi kebutuhan.
Service Portofolio Manajemen
Manajemen keuangan berkaitan dengan kasus pengembangan bisnis, penilaian
peluang investasi, evaluasi pilihan layanan yang berbeda, evaluasi
risiko keuangan dan penentuan layanan nilai. Semua ini pusat untuk
keputusan tentang apa yang harus disertakan dalam portofolio layanan
atau dihapus dari itu. Manajemen keuangan mampu memberikan kontribusi
untuk keputusan mengenai cara terbaik untuk menyediakan layanan yang
diberikan, apakah ini harus melalui penyedia layanan IT rumahan, atau
penyedia pihak ketiga. Manajemen keuangan ini juga bertanggung jawab
untuk memastikan bahwa dana tersedia untuk mendukung pengiriman
portofolio layanan dan untuk memastikan anggaran alokasi sejajar dengan
itu.
Capacity Management
Baik ketersediaan dan kapasitas manajemen berfokus pada hemat biaya
pengiriman layanan, dan manajemen keuangan dapat membantu dengan
menyediakan informasi biaya untuk memungkinkan penilaian dampak keuangan
diinginkan tingkat kapasitas dan ketersediaan. Proposal untuk
berinvestasi dalam kapasitas baru atau peningkatan ketahanan dapat
dinilai oleh manajemen keuangan sebelum tindakan diambil untuk membeli.
Dimana pembebanan yang pada tempatnya, kapasitas manajemen akan dapat
memberikan informasi tentang penggunaan sumber daya yang akan membantu
manajemen keuangan yang menentukan biaya.
Service Asset and Configuration Management
Layanan manajemen aset dan konfigurasi mengelola dan memelihara
konfigurasi manajemen database (CMDB), yang memegang keuangan dan
informasi lainnya pada aset yang diwajibkan oleh manajemen keuangan
untuk berbagai penggunaan. Sebagai contoh, dari CMDB, itu harus mungkin
untuk mengidentifikasi semua komponen yang diperlukan untuk memberikan
layanan yang diberikan dan informasi ini digunakan oleh manajemen
keuangan untuk menentukan biaya keseluruhan layanan. CMDB juga memegang
informasi tentang aset, seperti tanggal penggantian peralatan dan
tanggal penghentian pembaruan lisensi, yang dapat digunakan dalam
pengembangan anggaran dan perencanaan keuangan jangka panjang.
Business Relationship Management
BRM membantu manajemen keuangan untuk layanan TI untuk memahami
bagaimana pelanggan menaksir nilai yang mereka dapatkan dari IT services
dan apa yang mereka siapkan untuk membayar mereka. BRM membantu
pelanggan memahami kebijakan keuangan penyedia layanan TI, biaya, risiko
dan isu-isu lain, dan menjelaskan bagaimana biaya penyedia jasa
menerjemahkan ke dalam biaya pelanggan. Kritis BRM dapat membantu
pelanggan memahami implikasi keuangan dari keputusan perencanaan jangka
panjang.
VIDEO POWER POINT :
VIDEO POWER POINT :
refrensi : http://hamdaniphd.blogspot.com/2016/06/8-manajemen-keuangan-untuk-layanan-it.html
Komentar
Posting Komentar